Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Sirih Merah | Piper crocatum Ruiz & Pav.

0

Tanaman sisrih merah termasuk dalam faili Piperaceae, tumbuh merambat dengan bentuk daun menyeruapi hati dan bertangkai, yang tumbuh berselang-seling dari batangnya, serta penampakan daun yang berwarna merah keperakan seperti mengkilap. Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fitokimia yaitu alkaloid, saponin, tanin, dan flavonoid.

Sejak dulu sirih merah telah digunakan oleh masyarakat sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Kandungannya adalah senyawa flavonoid dan polevenolad yang bersifat antioksidan, antidoabetik, antikanker, dan antiinflamasi.

Hasil uji praklinis pada tikus dengan pemberian ekstrak hingga dosis 20 gram/kgBB, aman untuk dikonsumsi dan tidak mengandung toksik. Pada dosis tersebut mampu menurunkan  kadar glukosa darah sebesar 34,3%. Penurunannya lebih tinggi dibandingkan dengan pemberian obat diabetes militus komersial, seperti daonil 3,22 mml/kg yang menurunkan kadar glukosa darah. Hasil uji praklinis pada tikus dapat dijadikan acuan penggunaan pada orang yang menderita kencing manis.

Awalnya tanaman ini banyak dijadikan sebagai tanaman hias. Setelah diketahui kandungan di dalamnya yang yang sangat bermanfaat, tanamna ini pun akhirnya dijadikan salah satu bahan altenatif pengobatan. Kkandungan senyawa flavonoid dan polevenolad  bersifat antioksidan, antidiabetik, antikanker, antiseptik, dan anti inflamasi. Selain itu senyawa alkaloidnya mempunyai sifat antineoplastik yang ampuh menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan kimia lainnya yang terdapat dalam sirih merah, yaitu minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, p-cymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, terpena, dan fenil propada. Karvakol memiliki fungsi desinfektan dan anti jamur sehingga bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit, sedangkan tanin dapat digunakan sebagai obat sakit perut. Penggunaan sirih merah dapat digunakan dalam bentuk segar, simplisia maupun ekstrak kapsul.

Teh merah dalam bentuk herbal bisa digunakan untuk asam urat, kencing manis, maag,  dan kelelahan.

Khasiat :

  1. Menyembuhkann diabetes melitus
  2. Menyembuhkan hepatitis
  3. Meluruhkan batu ginjal
  4. Menurunkan kolesterol
  5. Mencegak stroke, asam urat, hipertensi, adang iver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyeri sendi
  6. Memperhalus kulit

Cara Penggunaan simplisia sirih merah :

  • sebanyak 3-4 daun sirih dipotong rajangan
  • direbus dengan satu gelas air

Leave a Reply