Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Rumput Belang | Zebrina pendula Schnizi.

0

Rumput Belang termasuk dalam familia Commelinaceae. Rumput belang adalah tanaman hias yang berasal dari Mexico dan bisa didapat dari dataran rendah sampai 1400 m di atas permukaan air laut.

Rumput belang merupakan tanaman menahun yang mempunyai batang agak lemah, berbuku-buku,bercabang banyak serta merayap atau menggantung dengan panjang 10 – 60 cm.

Rumput belang mempunyai helaian daun duduk yang berbentuk bulat telur dengan panjang 3 – 7 cm dan lebarnya 1,5 – 3 cm serta mempunyai ujung runcing dan pangkal membulat atau memeluk batang . Helaian daunnya mempunyai bagian tepi yang rata dengan permukaan atas berwarna hijau yang bagian tepi dan ibu tulang daunnya berwarna ungu , sedangkan permukaan bawah berwarna merah ungu. Pada bagian ujung dan pangkal helaian daunnya dilapisi rambut yang agak panjang.

Bunganya berkumpul di ujung batang dan mempunyai warna merah ungu. Buah pada rumput belang akan pecah sesuai ruang-ruangnya.

Rumput belang mempunyai rasa manis, dingin, dan agak beracun. Batang dan daunnya mengandung Calcium oxalat dan gummi.

Seluruh bagian dari tanaman herba ini dapat digunakan sebagai tanaman obat yaitu untuk mengobati :

-Batuk dan muntah darah

-Disentri

-Keputihan

-Kencing nanah (gonorrhea)

-Bisul

Penggunaan tanaman herba untuk pengobatan atau pemakaian dalam dapat dilakukan dengan cara merebus 15 – 30 gr (yang segar 60 – 90 gr) rumput belang, kemudian menumbuknya dan mengambil air perasannya untuk diminum. Sedangkan untuk pemakaian luar dapat dilakukan dengan cara mencuci bersih rumput belang segar lalu dilumatkan dan dibubuhi ke tempat yang sakit. Khusus untuk penyakit kencing nanah dan disentri kronis pengobatan menggunakan tanaman herba ini dapat dilakukan dengan cara :

-Kencing Nanah : mencuci bersih rumput belang segar sebanyak 60 – 120 gr lalu merebus dengan air secukupnya sampai tersisa satu mangkuk. Ramuan dapat diinum sehari 2x.

-Disentri kronis : mencampurkan rumput belang sebanyak 150 gr dengan 30 gr beras putih lalu menyangrainya sampai berwarna kuning, kemudian direbus dengan air secukupnya. Air rebusannya dibagi untuk 3 kali minum.

Catatan : Wanita hamil dilarang mengkonsumsi pengobatan dengan rumput belang.

Leave a Reply