Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Portulaka | Portulaka grandiflora Hook.

0

Portulaka termasuk dalam familia Portulacaceae. Portulaka merupakan tanaman hias yang berasal dari Brazil.

Tanaman ini merupakan tanaman herba semusim yang mempunyai tinggi 15 – 30 cm dengan batang basah dan sering bercabang mulai dari pangkal. Batangnya tumbuh tegak atau sebagian/seluruhnya terletak di atas tanah dan berwarna merah atau hijau.

Portulaka biasa dipelihara sebagai tanaman di pinggir taman-taman dan terdapat dari dataran rendah sampai 1400 m di atas permukaan air laut. Daunnya tunggal tebal berdaging serta berbentuk bulat silindris dengan panjang 1 – 3,5 cm dan tumpul di bagian ujung.

Bunga Portulaka berkumpul berkelompok 2 – 8 di ujung batang yang mekar pada pagi hari dan layu menjelang sore hari. Bunganya berwarna merah dadu, putih, orange atau kuning. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan stek.

Portulaka mempunyai rasa pahit dan dingin yang seluruh herbanya mengandung portulal serta batang dan bunganya mengandung betacyanin, betanin dan betanidin.

Portulaka dapat digunakan untuk pengobatan dalam keadaan segar atau dikeringkan. Portulaka berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit, antara lain :

-Sakit tenggorokan

-Anti radang

-Luka memar

-Melancarkan aliran darah

-Menghilangkan sakit (analgetik)

Portulaka yang digunakan untuk pemakaian luar seperti sakit pada bisul, radang kulit bernanah, tersiram air panas dan luka bakar dilakukan dengan mencuci bersih Portulaka segar kemudian dilumatkan atau diperas airnya, kemudian dibubuhkan ke daerah luka.

Untuk sakit tenggorokan, portulaka segar dicuci bersih lalu diging halus dan diperas airnya sampai terkumpul satu cangkir. Tambahkan sedikit borax kemudian dipakai untuk berkumur-kumur.

 

Catatan : Ibu hamil dilarang memakai tanaman herba ini.

Leave a Reply