Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Portulaka – Portulaca grandiflora Hook

Portulaka - Portulaca grandiflora Hook (BAn zhi lian )
0

Portulaka masuk dalam familia Portulacaceae

Nama Daerah : Bunga pegawai tinggi, Kembang tabuh delapan, sutera bombay, apulaka.

Uraian tanaman : Terna, herba semusim, tinggi 15-30 cm, berbatang basah, sering bercabang mulai dari pangkal.Batang tubuh tegak atau sebagian/seluruhnya terletak di atas tanah. Warnanya merah atau hijau. Tanaman hias dari Brazilia ini dipelihara sebagai tanaman pinggir di taman-taman, dan terdapat dari dataran rendah sampai 1400 mdpl. Daunnya tunggal, tebal berdaging, berbentuk bulat silindris dengan panjang 1-3,5 cm ujungnya tumpul. Duduknya tersebar, diujung batang berjejal rapat, ke bagian pangkal daunnya jarang. Batang pada ruasnya berambut halus. Bunga berkumpul berkelompok 2-8 cm, diujung batang, mekar pada pagi hari dan layu menjelang sore. Warnanya merah, dadu, putih, oranye dan kuning. Perbanyakan dengan stek.

Sifat kimiawi dan farmakologis : Rasa pahit, dingin. Menghilangkan bengkak (anti sweliling), menghilangkan sakit (analgetik), anti radang, melancarkan aliran darah.

Kandungan kimia : Seluruh herba mengandung portulal. Batang dan bunga mengandung betacyanin, batanin, batanidin.

Bagian yang dipakai : Seluruh herba, segar atau dikeringkan.

Kegunaan : Sakit tenggorokan, memar (traumatic injury).

Pemakaian : Seluruh herba, 15 – 30 gr, digodok.

Pemakaian luar : Herba segar dicuci bersih, kemudian dilumatkan, atau diperas airnya, untuk pemakaian ditempatkan yang sakit pada bisul, radang kulit bernanah, tersiram air panas, luka bakar, eksema.

Cara pemakaian :
1. Sakit tenggorokan : Herba segar dicuci bersih, digiling halus-halus, kemudian diperas airnya sampai terkumpul 1 cangkir. Tambahkan sedikit borax, dipakai untuk kumur-kumur (gargle).
2. Eksema pada bayi, bisul : Herba segar dicuci bersih, kemudian dilumatakan. Perasan airnya dioleskan ketempat yang sakit.
3. Koreng : Tangkai segar dicuci bersih kemudian dilumatkan, Bubuhkan ke tempat yang sakit.

Perhatian : Wanita hamil dilarang pakai

Leave a Reply