Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Pisang | Musa paradisiaca

0

Pisang merupakan makanan merakyat yang kaya manfaat. Pisang atau banana (inggris) dari genus Musa, famili Musaceae adalah tumbuhan berbatang lunak. Buah pisang rata0rata beratnya masing-masing 125 gram yang terdiri atas 75% air dan 25% bahan padat. Baik kulit ataupun daging pisang dapat dikonsumsi mentah atau dimasak. Buah pisang kaya akanvitamin B6, vitamin C, dan kalium.

Masyarakat Indonesia biasanya meggunakan pisang sebagai makanan yang diolah sebagai pisang goreng, pisang rebus, atau pisang panggang. Pisang dibedakan menjadi dua : (1) pisang panganan, warnanya kuning setelah masak, setelah masak baru bisa dimakan, (2) pisang hijau, untuk dimasak.

Manfaat mengkonsumsi pisang

  1. Dengan tingginya kadar kalium, pisang dapat mencegah darah tinggi dan komplikasinya. Efek ini diperkuat dengan kandungan serat yang tinggi. Kalium tinggi juga mencegak pengeluaran kalsium via urine atau menghindari keropos tulang
  2. Dapat membantu penggantian elektrolit dan meningkatkan absorpsi makanan pada penderita diare.
  3. Mempunyai efek antasida dan menjaga dari terjadiya tukak lambung.
  4. Mengobati sembelit, karena dalam kandungan pisang terdapat pektin, suatu hidrokoloid, yang berfungsi menormalkan gerakan peristaltik usus.
  5. Rendahnya indeks glikemik, buah pisang muda cukupmembawa keuntungan bagi penderita diabetes
  6. Kadar frukooligosakarida yang inggi berfungsi sebagai prebiotik, yang akan memberikan nutrisi bagi flora intestinal penghasil vitamin dan enzim
  7. Kandungan karotenoid memberikan efek antioksidan dan mencegak keurangan vitmin A penyebab buta senja
  8. Konsumsi yang moderat mengurangi mengurangi resiko kanker ginjal. Hal ini disebabkan karena pengaruh antioksidan senyawa fenol. Namun sebaliknya, jika mengonsumsi jus pisang berlebihan dapat menimbulkan kanker ginjal

Dalam penelitian Hamilton dan Jensen (2001) semua jenis pisang mengandung kalori per berat adalah sama. Nilai kepadatannya adalah 163 kkal. Penggunaan yang teratur akan mengurangi resiko degenerasi makuler mata.

Selain buah pisang, bagian lain yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi adalah jantung pisang. Rasa jantung pisang sepat dan pahit, itu karena kandungan tanin yang tinggi. Penemuan baru akan jantung pisang adalah denjapi atau dendeng jantung pisang. Kandungan gizinya terdiri atas protein 12,051%, karbohidrat 34,831%, dan lemak total 13,050%. Makanan ini telah memiliki izin kesehatan.

Leave a Reply