Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Petai | Parkia speciosa

0

Petai, menski bau namun kaya manfaat. Selain digunakan sebagai campuran menu masakan, petai juga bisa dijadikan sebagai pilihan pengobatan alternatif. Petai dapat dijadikan sumber energi karena memiliki protein enpat kali lebih banyak dibandingkan dengan buah apel, karbohidrat dua kali, fosfor tiga kali, vitamin A, dan zat besi lima kali. Per 100 biji petai mengandung energi 142 kkal yang terdiri atas tiga macam gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Selain itu petai juga mengandung fosfor sebesar 115 mg per 100 g biji. Petai juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 46 mg per 100 g biji. Kandungan vitamin A petai juga cukup baik, yaitu 200 IU per 100 g.

Penggunaan petai dalam pengobatan tradisional
1. Menghilangkan depresi
Bedasarkan survei oleh MIND, diantara pasien penderita depresi, diketahui bahwa banyak orang merasa lebih baik setelah makan petai. Hal ini terjadi karena petai mengandung triptofan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Iniah yang membuat rileks, memperbaiki mood, dan secara umum membuat orang bahagia.

2. Seasonal Affective Disorder (SAD)
SAD merupakan penyakit emosional yang kacau.

3. Stres
Petai yang kaya akan kalium dapat membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengatur keseimbangan cairan tubuh.

4. Meningkatkan kemampuan otak

5. Menjaga organ hati dan ginjal
Salah satu manfaat petai adalah bersifat antioksidan yang melawan radikal bebas, sehingga dapat melindungi organ tersebut dari gangguan penyakit yang disebabkan olehradikal bebas.

6. Menurunkan tekanan darah tinggi
Petai kaya akan kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tingginya tekanan darah

7. Stroke

8. Asam lambung
Petai memiliki efek antasid pada tubuh, buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

9. Luka lambung
Petai digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena teksturnya yang lembut dan halus. Buah ini adalah satu-satunya buah metah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stres dalam beberapa kasus yang parah. Buah ini mampu menetralkan asam lambung dan mnegurangi iritasi dengan melapisi permukaan lambung.

10. Sembelit
Karena kandungan serat yang tinggi, maka petai dapat menormalkan kembali reaksi berlebihan pada organ pencernaan, dan juga membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus menggunakan laksatif

11. Mual pagi
Makan petai diantara jam makan akan menolong mempertahankan kadar gula dan menghindari muntah

12. Mengatur suhu tubuh

13. Obat mabuk
salah satu cara cepat untuk menyembuhkan mabuk adalah dengan milkshake petai yang dimaniskan dengan madu

14. Kegemukan

15. Merokok
Petai dapat menolong orang yang hendak berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya, bersama dengankalium dan magnesium dapat membantu memulihkan tubuh dari efek penghentian nikotin.

16. Gigitan nyamuk
Sebelum menggunakan lotion anti gigitan nyamuk, cobalah untuk menggosokan daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit petai. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini.

Leave a Reply