Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Minyak Atsiri Bergamot (Citrus bergamia)

0

Marga : rutaceae
Tingkat Keharuman : tinggi
Aroma : citrus ringan dengan aroma floral sepoi-sepoi

Pohon bergamot tumbuh hingga 16 kaki dan masih terhitung kerabat dengan jeruk. Minyak atsiri diperoleh dengan cara memeras buahnya yang hijau yang agak mirip dengan jeruk berbentuk oval.

Minyak ini biasa dicampur dengan kemangi, camomile, biji wortel, kayu gaharu, tumbuhan clary, cypress, eucalypus, kemenyan, geranium, jeruk purut, mawar, tanaman juniper, lavender, jeruk keprok, marjoram, myrrh, neroli, nilam, petitgrain, cemara, rosemary, kenanga.

Khaisat
Antibakteri, antistres, antiradang, antiseptik, deodoran, ekspektoran. Mendorong ertumbuhan sel baru dan menyembuhkan luka, mengurangi rasa sakit, menurunkan demam, merangsang sistem kekebalan tubuh, umumnya membantu menenagkan sistem staraf dan membangkitkan emosi diri.

Selain itu minyak bergamot juga berkhasiat untuk mengatasi :
1. jerawat, kulit berminyak, bisul, psoriosis, gatal-gatal, belang, luka bernanah
2. Gelisah, depresi, letih, tidak bisa tidur, tegang, stres yang berkaitan dengan suatu penyakit tertentu
3. Rambut kotor, kepala penuh kutu
4. Infeksi saluran kencing, pruvitus/gatal

Cara Penggunaan
Di bak mandi, untuk kompres, perawatan rambut, pijat, perafasan, obat kumur, parfum, pengharum ruangan, dan persiapan perawatan kulit.

Jangan memakai bergamot pada keadaan di bawah sinar matahari atau sinar ultraviolet karena bisa menyebabkan warna dan sensitivitas kulit. Miyak ini juga tidak cocok untuk bayi atau anak-anak

Leave a Reply