Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Melati | Jasminum sambac (L.) Ait.

0

Melati masuk dalam familia Oleaceae

Sinonim : J. fragrans Salisb, J. pubescens Wall, J. quinqueflarum Heyne, J. undulatum Willd, J. zambac Roxb, Nyctanthes grandiflora Lour, N. sambac L.

Nama daerah : Sumatera : Meulu cina, m. cut, merul, marul, malati, bunga manuru, melur. Jawa : Malati, menur, mlati, malate. Nusatenggara : Menuh, mundu, wilabunga loro, manjora. Sulawesi : Bungamo puti, b. didi, b. baluru, b. maluru, b. elung, b. pute, manjuru, manduru, manuru. Maluku : Manduria, kupa pati, kuputi, puti, nuru, bunga manuru, saya manuru, bunga manor.

Uraian tanaman : Perdu memanjat atau menggantung, tinggi 0,3-3 m, banyak ditanam orang di halaman da di ladang-ladang sebagai tanaman bunga sampai ketinggian 600 mdpl pada tempat-tempat yang mendapat cukup sinar matahari. Daun tunggal berwarna hijau sampai hijau kelabu, helaian daun berbentuk jorong sampai bundar telur, panjang 5-10 cm, lebar 4-6 cm, ujungnya runcing, pangkal membulat, tepi rata, tulang daun menyirip, menonjol pada permukaan bawah, permukaan daun mengkilap, tangkai daun pendek sekitar 5 mm, letaknya berhadapan.

Bunganya bunga majemuk berbentukk anak payung menggarpu yang keluar dari ujung tangkai atau ketiak daun. Mahkota bunga berbentuk terompet warnanya putih, berbentuk lembaran agak mengerut. Akar agak sukar dipatahkan, bekas patahan tidak rata, tidak berserat. Asalnya dari benua Asia, dapat dikembangbiakkan dengan stek.

Sifat kimiawi dan efek farmakologis : 

  •  Bunga dan daun : Rasa pedas, manis, sejuk. Anti radang, merangsang pengeluaran keringat (diaforetik), peluruh kemih (diuretik), melancarakn pernapasan.
  • Akar : Rasa pedas, manis, netral, agak toksik. Pemati rasa (anestesi), menghilangkan sakit.

Kandungan kimia : Asam format, asam asetat, asam benzoat, linalool, asam salicylat, benzyl linalool ester, methyl linalool ester, benzyl alcohol, indol, methyl athranilate, sesquiterpene, sesquiterpenalcohol, phytol, isophytal, phytylacetate, hexenyl-benzoate, methyl-palmitate, methyl-linolenate, geranyl-linalo9al, dan jasmone.

Bagian yang dipakai : Bunga, daun, akar.

Cara pemakaian : 

  1. Insomnia (susah tidur)
    Cuci bersih 1-1,5 gr akar melati lalu giling dan tambahkan air matang secukupnya. Saring lalu minum.
  2. Radang mata merah
    Cuci bersih 6 gr bunga melati lalu rebus. Gunakan air rebusannya untuk diminum dan mencuci muka.
  3. Menghentikan produksi ASI yang berlebihan
    Memarkan bunga atau daun melati lalu tempelkan di sekitar payudara. Ganti beberapa kali sehari.
  4. Sesak nafas
    Cuci bersih 3 gr bunga melati lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum 2 kali 1/2 gelas sehari.
  5. Bengkak akibat gigitan binatang
    Cuci bersih daun atau bunga melati secukupnya lalu giling halus. Tempelkan pada tempat yang sakit.

Selain beberapa penyakit di atas, bunga dan daun melati juga bisa digunakan untuk mengobati influenza, demam, diare, dan bisul dengan cara 1,5-3 gr bunga atau 3-6 gr daun melati direbus atau diseduh dan diminum sebagai teh. Akarnya bisa digunakan untuk mengobati luka terpukul, menghilangkan sakit pada tulang patah, sakit gigi, dan sakit kepala dengan cara 0,5-1,5 gr akar digiling halus, ditambahkan air lalu diperas. Bisa juga digunakan sebagai obat luar dengan cara akar atau daun dimemarkan atau digiling halus untuk ditempelkan pada tempat yang sakit, bunga direbus dan air saringannya digunakan untuk mencuci muka atau direndam dalma minyak kelapa untuk tetes telinga, atau dilumatkan lalu tempelkan pada tempat yang sakit.

Leave a Reply