Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Khasiat Jus Tomat

0

Kandungan Gizi Jus tomat segar satu cangkir jus tomat mengandung 8 mg kalsium; 29 mg fosfor; 0,59 mg zat besi; 10 mg sodium; 254 mg potasium; 1,394 I.U. vitamin A; 2 mg biotin; 11,5 mg asam folik; 21,6 mg vitamin C; dan 14 mg magnesium.

Manfaat Medis

1. Gangguan liver
Jus tomat segar sangat efektif dalam mempercepat pembentukan glykogen (gula). Ketika fungsi normal liver mengalami gangguan sementara karena zat-zat kimiawi, jus tomat mampu segera menyembuhkan liver dari gangguan temporer ini.

2. Kelelahan, hypoglycemia, infeksi jamur
Satu persamaan dari semua masalah kesehatan ini adalah bahwa penyakit-penyakit tersebut menguras cadangan energi tubuh dan meninggalkannya dalam keadaan lemah. jus tomat yang dicampur dengan beberapa cabai dan ditambah setetes saus panas lalu diblender sampai halus dan diminum dengan ampasnya dapat membangkitkan kembali fungsi liver dan kelenjar andrenal kurang dari setengah jam dan terbukti sanggup mengembalikan vitalitas selama beberapa jam.

3. kurang nafsu makan
Tomat kaya akan garam mineral yang dengan segera meningkatkan nafsu makan sesudah mengkonsumsinya. Mineral-mineral ini juga merangsang aliran air liur yang akan menambah rasa lapar dan memungkinkan makanan dicerna dengan lebih baik. Jus dari tomat yang berkualitas akan membantu menghilangkan gangguan makan seperti anoreksia (kehilangan nafsu makan).

Cara Pembuatan
Pertama-tama cucilah buah tomat lalu potong menjadi empat bagian dan kemudian dijus. Untuk menambah aroma, tambahkan sedikit cabai rawit dan setetes jus jeruk atau lemon.

Leave a Reply