Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Khasiat Jus Kentang

1

Kandungan Jus Kentang
Kentang mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi. Kentang mengandung mineral yang cukup tinggi dengan konsentrasi terbanyak berada di kulit. Jurnal ilmu pengetahuan Acta Agriculture Scandinavia melaporkan bahwa konsentrasi kandungan mineral paling tinggi terdapat pada kentang mentah dan tidak dikupas. Sedang jumlah kandungan mineralnya paling rendah terdapat pada kentang yang sudah dimasak sebelum dikupas.
Kentang mentah yang belum dikupas mengandung 27,3 mg potasium; 0,258 mg kalsium, 1,13 mg magnesium; 2,93 fosfor; 1,63 mg sulfur; 28,3 mg zat besi; 3,37 mg tembaga; 12,7 mg mangan; 20 mg seng; 0,02 mg kobalt; 0,14 mg nikel; 0,04 mg krom; 0,8 mg klor; 0,01 mg selenium; 1 mg silikon; 15,3 mg rubidium; 15 mg aluminium; 7,1 mg boron; 2 mg brom; 0,004 mg merkuri; 0,05 mg arsenikum; 0,07 mg cadmium; dan 0,11 mg timah hitam. beberapa diantara mineral ini ada yang beracun jika dikonsumsi dalam jumlah besar seperti aluminium, merkuri, dan timah hitam. Tetapi mineral ini juga sangat penting bagi tubuh kita jika dalam jumlah yang kecil.

Manfaat Medis
1. Bintil hitam, radang kulit, bisul, gelembung cairan sekresi (cysts)
Jus kentang yang sangat kental dan ampasnya sangat efektif digunakan untuk mengeluarkan nanah dari sistem tubuh. Pertama-tama, tusuk bagian yang bernanah dengan jarum jahit yang telah disterilkan dengan cara dibakar selama satu menit. Celupkan kain kasa, kapas atau kain flanel ke dalam jus kentang serta ampasnya. Tempelkan pada bagian yang bernanah dan tahan beberapa saat hingga mengering lalu ulangi lagi.Selanjutnya cuci permukaan kulit yang luka lalu bersihkan dengan hydrogen peroxyde untuk menghilangkan kuman penyakit. Ulangi beberapa kali untuk mengeluarkan racun sebanyak mungkin.
2. Luka baring, borok kaki akibat diabetes, luka
Cara menggunakannya sama dengan pengobatan di atas, hanya saja bagian yang luka tidak perlu ditusuk. Hal ini juga bisa dilakukan untuk penyalit herpes turunan. Selanjutnya luka harus diobati dengan cuka atau white hazel untuk membersihkan kuman penyakit serta membantu menutup luka.
3. Batu empedu
Batu empedu bisa diobai dengan mengkonsumsi setengah cangkir penuh jus kentang dan air rebusan kulit kentang setiap harinya dalam waktu yang berbeda. Setelah satu minggu batu empedu yang ada di dalam tubuh keluar lewat usus.

Cara Pembuatan
Cuci kentang hingga bersih tanpa dikupas. Potong menjadi beberapa bagian lalu tambahnkan sedikit air.

1 Comment
  1. Sutarto SM says

    sangat bagus dan bermanfaat.

Leave a Reply