Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Khasiat Jus Jeruk

0

Kandungan Gizi
Satu buah jeruk kerok mengandung 51 mg kalsium; 51 mg fosfor; 1,3 mg besi; 3 mg sodium; 434 mg potasium; 30 I.U vitamin A; sejumlah vitamin B komples dan 122 mg vitamin C. Kulitnya yang berwarna putih mengandung bioflavonoid, khususnya hesperidin yang sangat berguna untuk mengatur lemak tubuh.

Satu buah kumquat menghasilkan 12 mg kalsium; 4 mg fosfor; 0,1 mg besi; 1 mg sodium; 44 mg potasium; 110 I.U vitamin A; sejumlah vitamin B kompleks dan 7 mg vitamin C. Kumquat juga mengandung seidkit magnesium, mangan, kromium, dan seng, elemen yang snagan berguna untuk mengembalikan gangguan yang ada kaitannya dengan kekebalan tubuh, seperti arthitis, lupus, dan penyakit crohn.

Satu sndok buah jeruk nipis mengandung 1 mg kalsium; 2 mg fosfor; 21 mg potasium; 7 mg vitamin C, dan sejumlah magnesium, besi, sodium, vitamin A, vitamin B kompleks. Sari buah jeruk nipis juga mengandung sejumlah kecil seng, vanadium, dan molibdenum.

Dalam 1 sendok makan sari jeruk limau menghasilkan 1mg kalsium; 2 mg fosfor; 16 mg potasium; 5 mg vitamin C; dan sejumlah zat besi, saodium, vitamin A, dan sedikit germanium, timah, selenium, dan seng.

Khasiat Jus Jeruk
Vitamin C yang terkadung dalam jeruk memiliki banyak khasiat. Vitamin C menstimulasi sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membunuh bakteri atau virus yang ada dalam tubuh secara efektif. Penyakit yang dapat disembuhkan :
1. Gangguan pencernaan
2. Penyakit kelamin
3. Infeksi bakteri
4. Radang Amandel

Cara Membuat Jus Jeruk
Maisng-masing dari jeruk dikupas, namun jangan sampai kulit bagian putih yang rasanya agak pahit itu dibuang. Justru dalam kulit putih tersebut terkandung banyak bioflavonoid. Tingkat keasaman dari jus jeruk juga harus diperhatikan, karena beberapa orang mungkin ada yang memiliki lambung yang sensitif. Untuk mengurangi rasa asam bisa ditambahkan perasan jeruk dari jenis yang lain.

Leave a Reply