Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Khasiat Jus Delima

0

Kandungan Gizi
Satu buah delima mengandung nutrisi berupa 5 mg kalsium; 12 mg fosfor; 0,5 mg zat besi; 5 mg sodium; 399 mg potasium; sedikit vitamin A; 6 mg vitamin C; dan 2 mg magnesium.

Manfaat Medis
1.Membangkitkan kesadaran
Jus delima berfungsi untuk membangkitkan kesadaran orang yang kerja jantungnya terlalu lemah untuk mempertahankan kesadarannya lebih lama lagi. Hal ini berarti jus delima hanya berfungsi pada orang yang kesadarannya melemah bukan pada orang yang tidak sadar sama sekali.
2.Menghilangkan bau napas tidak sedap
Jus delima dapat dimanfaatkan sebagai obat kumur untuk menghilangkan bau napas tidak sedap yang disebabkan oleh sariawan (infeksi jamur), gigi berlubang, gigi busuk, dan sakit tenggorokan. Jika bau napas tidak sedap disebabkan oleh kondisi fermentasi dalam gusi, maka siapkan jus delima (2 sendok makan) yang ditambah dengan air (1 sendok teh) lalu diminum.
3.Mengobati cacingan
Jus delima juga efektif untuk membasmi cacing seperti cacing gelang, cacing kremi, dan cacing pita. Caranya dengan meminum sedikit jus buah delima yang sebelumnya telah diencerkan dengan menambahkan sedikit air. Jus yang kaya dengan kandungan tannin ini akan membius cacing-cacing tersebut dan membuatnya keluar melalu sistem pencernaan.
4.Hemorrhoids
Penyakit ini dikarenakan aktivitas penciutan yang tinggi. Jus delima juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit wasir dengan cara mencelupkan kapan ke dalam jus delima lalu dioleskan.

Cara Pembuatan
Buah delima adalah buah yang lebih baik dikonsumsi dalam bentuk jus, sebab daging buah dan sarinya menempel begitu erat pada bijinya, sehingga membuat jus delima adalah cara termudah untuk mengkonsumsinya.
Lebih baik yang dibuat jus adalah delima yang tanpa dikupas terlebih dahulu. Dagingnya yang telah dijus harus dencerkan terlebih dahulu lalu kemudian disaring dengan saringan kawat kasar sehingga semua bijinya terbuang.

Leave a Reply