Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Khasiat Jus Buah Beri

0

Buah beri sangat banyak macamnya, rasanya lezat dan juga memiliki khasiat pengobatan. Selain itu buah ini juga bermanfaat sebagai obat pembersih, obat disinfektan/obat pembasmi kuman, pembersih kotoran dalam tubuh, obat penenang/penyejuk.

Buah beri yang baik adalah yang padat berisi dan baru dipetik dari pohonnya. Buah Beri sangat mudah dibuat jus, bahkan kita tak perlu menggunakan alat pembuat jus, cukup diperas saja. Atau cara yang lain dengan menuangkan air panas pada buah beri yang telah dihancurkan, biarkan selama kurang lebih satu jam, lalu saring. Buah beri juga bisa ditempatkan di dalam tempat berisi air di bawah sinar matahari selama satu hari, kemudian saring.

Secara umum buah beri mempunyai khasiat mendinginkan, untuk itu sangat cocok untuk yang sedag sakit demam, atau yang sedang kehausan.

Berikut ini macam-macam buah beri yang populer beserta khasiatnya :

1. Blackberry (Rubus villosus)
Buah beri yang stau ini berwarna hitam mengkilat, tumbuh di semak-semak berduri, rasanya manis asam. Blackberry memiliki sifat cepat membusuk. Jus ini memiliki khasiat menyembuhkan hipertwnsi/darah tinggi, batuk, rematik, radang amandel, masalah jantung, diare, radang usus buntu kronis, ketidaksanggupan mencerna asam,radang usus besar, batu empedu, dan penyakit hernia.

2. Kismis merah dan hitam (Ribes nigrum, Ribes rubrum)
Jenis beri ini rasanya sangat masam jika dimakan mentah. Kismis hitam sangat kaya vitamin C dan bioflanoid. Jus ini sangat baik jika digunakan untuk mengurangi luka memar, gusi berdarah, kebocoran pembuluh darah kecil, sembelit, dan masalah yang berkenaan dengan jaringan penghubung.

Jus kismis hitam juga mengandung asam linoleic gamma (GLA = Gamma Linoleic Acid). GLA sangat penting untuk membantu tubuh memproduksi hormon, seperti zat prostagladin PGE-1 yang berfungsi untuk mengontrol setiap organ di dalam tubuh dan menjaga kekebalan tubuh. Zat ini jug adipakai sebagai regulator atau pengatur biologis, mengendalikan kegiatan sel dan kegiatan organ tubuh. Zai ini juga sangat penting sebagai daya penggerak otot dan transmisi syaraf. Untuk itu sangat bermanfaat untuk penyembuhan sklerosis otak atau sumsum tulang belakang. Di dalam tubuh PGE-1 hidup sangat singkat dan hanya diproduksi ketika dibutuhkan.

Jus kismis merah mempunyai efek antiseptik. Baik untuk penyembuhan penyakit kuning, keracunan zat, lemas, dan keleihan asam dalam aliran darah. Jus kismis merah dan kismis hitam, keduanya sangat baik untuk infeksi jamur mulut dan vagina. Jika keduanya disajikan panas-panas, maka akan menyebabkan penderita mengeluarkan banyak keringat dan membantu mengobati flu atau demam.

3. Blueberry
Jenis beri yang satu ini memiliki kulit buah yang berwarna biru gelas dan bunga yang berwarna keputihan. Blueberry memiliki 2 jenis, yaitu blueberry bersemak rendah, memiliki buah yang kecil, mempunyai rasa yang lezat. Dan blueberry bersemak tinggi yang memiliki ukuran buah yang relatif lebih besar serta memiliki kandungan air yang banyak. Yang biasa kita jumpai di pasaran adalah jenis blueberry bersemak tinggi.

Jus ini sangat baik untuk menyembuhkan penyakit encok, batu ginjal, diare kronis, radang tenggorokan, leuchorrrea, tipus,eksim, psoriasis, dan penyakit kulit yang sudah kronis. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa buah ini mampu melawan bakteripenyebab infesi pada sistem uriner. Anda bisa menyimpan buah ini tanpa lemari es, dengan cara memberikan sedikit garam pada buah ini.

4. Boysenberry
Boysenberry adalah jenis buah persilangan antara blackberry dengan rasberry. Penemunya bernama Rudolph Boysen. Buah ini berukuran besar, mengandung banyak air, lezat, dan lebih beraroma, tanamannya tak berduri, karenanya mudah untuk dipetik. Jika matang buah ini berwarna merah tua sampi merah kehitaman.

Jus ini mampu mengatasi penyakit radang gusi, flu, nafas tak sedap. Jus ini juga bisa mengobati penyakit kudis dan kekurangan gizi yang dapat merusak kulit dan sistem syaraf, membantu mengatasi sembelit, membantu Anda berhenti mengonsumsi alkohol. Caranya dengan meminum jus ini pelang-pelan menggunakan sedotan, lalu diamkan sebentar di dalam mulut. Ujung rasa pada sisi lidah akan mengirimkan pesan ke otak.

Leave a Reply