Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Jus Aprikot

0

Aprikot banyak tumbuh di wilayah Asia Tengah. Tanaman ini menghasilkan bunga putih yang elok. Buahnya yang masak mempunyai rasa asam manis. Dahulu buah aprikot ini sering digunakan sebagai campuran masakan Cina untuk menghasilkan citra rasa asam manis.

Kandungan Gizi
Aprikot kaya akan vitamin A, menghasilkan potasium dan sedikit mangandung fosfor, kalsium, vitamin C, dan zat besi. Buahnya mengandung banyak sulfur,yang menyebabkan rasa asam menjadi aneh.

Khasiat Jus Aprikot
Aprikot dikenal sebagai buah untuk mengembalikan keremajaan. Minyaknya yang berasal dari biji aprikot dapat digunakan untuk memasak dan juga merawat rambut dan kulit. Jus buahnya selain mempunyai efek untuk meremajakan juga sangat baik untuk kesehatan hati, pankreas, dan kelenjar adrenalin.

Selain khasiat di atas, jus aprikot juga berkhasiat mengobati kanker, penglihatan kabur, perokok pasif, dan peradangan liver. Keempat penyakit tersebut walaupun berbeda gejala klinisnya, namun mempunyai kesamaan umum, yaitu masing-masing ada hubungannya dengan jumlah vitamin A. Buah aprikot menghasilkan kandungan provitamin A dan betakaroten tinggi. Hal tersebut diketahui dari warna perunggu/merah tua pada buahnya. Menurut penelitian vitamin A adalah salah satu vitaminterbaik untuk menanggulangi masalah kanker. Selain itu vitamin A juga mencegah permasalahan penglihatan. Vitamin A juga terbukti bermanfaat untuk mengatasi pasien dengan gangguan paru-paru. Vitamin A juga mampu memperbaiki kerusakan akibat perkokok pasif, kontaminasi besi, debu atau serbuk kayu.

Cara Membuat
cara 1
– sediakan satu lusin buah aprikot, kemudian hlangkan bijinya
– letakan buah tersebut dalam alat pembuat jus dengan menambahkan satu setengah gelas air

cara 2
– buah aprikot kering secukupnya direndam dalam air mineral botolan selama semalam
– tambahkan madu dan kayu manis bubuk. Bisa juga ditambahkan susu asam/yogurt yang telah didinginkan

cara 3
aprikot kering yang sudah direndam semalam dicampur dengan buah prem yang dikeringkan ditambahkan dengan susu asam

Leave a Reply