Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Khaisat Jus Persik-Pir

0

Satu buah persik yang matang mengandung 14 mg kalsium; 29 mg fosfor; 0,8 mg zat besi; 2 mg sodium; 308 mg potasium; 2,030 I.U vitamin A; 1,5 mg niasin; 11 mg vitamin C; dan 6 mg magnesium.

Satu buah pir mengandung 13 mg kalsium; 18 mg fosfor; 0,5 mg zat besi; 3 mg sodium; 213 mg potasium; 30 I.U vitamin A; 7 mg vitamin C; dan 9 mg magnesium.

Khasiat
1. Demam
Jus buah persik dan pir membuat efek yang dapat meringankan demam. Bila dalam kenyataannya tidak ada jenis makanan lain yang dapat diterima oleh perut penderita demam, maka cukup berikan jus ini untuk menurunkan demamnya.

2. Gangguan pencernaan
Kondisi kadar asam yang berlebihan di dalam usus biasanya disebabkan karena konsumsi makanan yang berkalori tinggi yang cukup banyak, berminyak atau makanan pedas atau karena nafsu makan berlebihan. Cara mengatasinya cukup dengan satu cangkir jus buah persik atau pir diminum. Hal ini akan membantu mengurangi rasa tid ak enak di dalam perut.

3. Mabuk perjalanan
Agar tidak mabuk ketika dalam perjalanan, sebaiknya sebelumnya meminum jus pir, karen ajus ini dapat mengurangi rasa tidak enak di perut. Jus pir lebih baik daripada jus buah persik, karena jus pir memiliki rasa yang lebih manis.

Cara Membuat
CUcilah buah pir dan persik yang matang dengan air mengalir. Belah buah persik, lalu lubangi. Jangan mengupas buah persik. Potong buah menjadi beberapa bagian, lalu masukan ke alat pembuat jus. Tambahkan sedikit air dingin. Juga tambahkan sedikit labu air bila diperlukan. Buatlah kira-kira dua cangkir jus. Minum pada temperatur ruangan. Jus yang dingin tidak baik bagi tubuh kita.

Anda juga bisa membuat jus dengan bahan 1 cangkir buah persik segar dan buah pir (yang dipotong kecil-kecil), sedikit bubuk jahe.

Atau Anda juga bisa membuat campuran antara jus pir dan apel dengan perbandingan yang sama serta tambahkan jeruk nipis.

Leave a Reply