Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Kembang Sungsang | Gloriosa superba L.

0

Kembang sungsang termasuk dalam Familia Liliaceae

Sinonim : Methonica superba Lamk.

Nama daerah : Kembang jonggrang, kembang kuku macam (Jakarta), katongkat, kembang sungsang (Sunda), dongkel sungsang, mondalika, pancing tawa, pacing tawa (Jawa), mandhalika (Madura), mandalika (Bali).

Nama asing : Superbe de Malabar (Perancis), Superb lily, klimlelei (Inggris), Huan pai he (China).

Uraian tanaman : Tanaman ini dapat ditemukan tumbuh liar di semak belukar, hutan jati, kadang ditanam sebagai tanaman hias yang dirambatkan di pagar atau pergola dari daerah pantai sampai 300 m di atas permukaan air laut.

Kembang sungsang berasal dari daerah tropik di benua Asia dan Afrika. Tanaman ini menyukai tempat terbuka yang terkena cahaya matahari penuh. Tanaman ini rajin berbunga terutama di awal musim penghujan, serta dikenal mempunyai rimpang yang beracun.

Kembang sungsang merupakan terna tahunan yang berumur panjang, memanjat, dengan tinggi mencapai 2,5 m serta bercabang melebar.

Batangnya lunak dan memanjat dengan sulur yang terdapat di ujung daun.

Daunnya berupa daun tunggal, berbentuk lanset, dan berwarna hijau dengan ujung runcing dan pangkal memeluk batang serta bertepi daun rata. Panjang daun 8-25 cm dan lebarnya 1-4 cm.

Bunganya kuncup, berbentuk bulat memanjang, dan bertangkai panjang dengan ujung runcing yang menghadap ke bawah. Saat mekar, bunganya akan membalik ke atas. Mahkota bunganya berjumlah 6 dan berbentuk keriting dengan bagian atas berwarna merah dan pangkalnya berwarna kuning kehijauan. Warna bunganya lama-kelamaan akan menjadi merah keseluruhan dan tidak cepat layu.

Buahnya mempunyai panjang 4-5 cm. Bijinya banyak dan berwarna orange. Akarnya mempunyai rimpang yang horizontal dan besar.

Tanaman ini dikembangbiakkan dengan biji atau rimpang.

Sifat kimiawi dan efek farmakologis : Rimpang kembang sungsang beracun (toksik) dan berfungsi menghilangkan panas dalam, menghilangkan nyeri, dan menghilangkan bengkak.

Kandungan kimia : Colchicine dan alkaloid.

Bagian yang dipakai : Rimpang

Kegunaan :

  1. Lumpuh
  2. Sakit pda persendian
  3. Panas tinggi, kramp
  4. Badan membengkak
  5. Kencing nanah
  6. Sukar bersalin

Pemakaian :

  • Untuk minum : 3 g
  • Pemakaian luar : Umbi secukupnya diparut, dipakai untuk menggosok dan menurapkan ekzema, kurap, kudis dan gatal-gatal.

Cara pemakaian :

  • Ekzema : Cuci 1 jari rimpang kembang sungsang dan ¾ jari umbi bidara upas lalu diparut dan diremas dengan 2 sendok makan minyak jarak. Ramuan tersebut dipakai untuk menggosok dan menurap kulit yang terkena eczema lalu dibalut. Ganti 2 x sehari.

Leave a Reply