Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Kapulaga | Amomum compactum

0

Kapulaga adalah sejenis buah yang sering digunakan sebagai rempah untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu. Di Indonesia ada dua jenis kapulaga yang sering digunakan, yaitu kapulaga jawa dan kapulaga sabrang atau kapulaga india. Nama lain dari kapulaga yaitu roude cardamom (Aceh), kapulaga (melayu), pelaga puwar (Minangkabau), palago (Sunda), kapolagha kapulaga (Makasar), gandimong (Bugis), dan kakolaka (Bali).

Biji kapulaga yang dikeringkan mengandung 2-4% minyak esensial, yang terutama terdiri atas 1,8-cineol 70%, beta-pinen 16%, alfa-pinen 4%, alfa-terpineol 5%, dan humulen 3%. Rimpang dan akar segar mengandung 1,8-cineol 0,1%.

Bijinya mengandung minyak atsiri yang dapat dimanfaatnkan dalam industri parfum dan bahan pewangi. Selain itu bijinya juga digunakan sebagai bahan obat tradisional untuk menyembuhkan sakit perut, batuk, dan penguat tubuh setelah melahirkan. Air rebusan semua bagian tanaman diminum jika badan terasa lemas dan untuk meringankan sakit rematik. Rimpangnya yang ditumbuk dak dikeringkan, dipakai untuk mengatasi demam dan sakit usus.

Leave a Reply