Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Jure – Nerium indicum Mill.

Jure - Nerium indicum Mill. (Jia zhu tao)
0

Jure masuk dalam familia Apocynaceae

Sinonim  : N. odorum Ait, N. oleander Linn

Nama daerah : Jure (Jawa), kenyeri (Bali), kembang mentega, bunga mentega, oleander.

Uraian tanaman : Perdu tegak, tinggi 2-5 m, merupakan tanaman hias di taman dan pinggir jalan. Berasal dari benua Asia, yang hidup dari 1-700 m diatas permukaan laut, tanaman yang tahan panas dan kekeringan. Daunnya berbentuk garis lanset, tebal, bertangkai sekitar 1 cm yang agak membengkok dengan  ibu tulang yang menonjol. Panjang daun 7-20 cm, lebar 1-3 cm, warna daun bagian atas hijau tua dan bagian bawah hijau muda, ujung dan pangkal daun runcing dan tepinya rata. Sering 3 daun tumbuh melingkar. Daun yang diletakkan disela-sela buku dapat mengusir serangga. Bunga dalam karangan bunga berbentuk malai di ujung ranting, dengan mahkota berbentuk corong, tabung pada pangkalnya sempit. Bunganya berwarna merah muda dan putih. Buahnya panjang 15-25 cm, bulat dengan alur memanjang, dengan banyak biji yang berambut. Getahnya putih yang dikeluarkan mengandung racun terutama bila mengenal luka. Kulit batangnya dapat digunakan sebagai racun tikus. Perbanyakan dengan stek batang.

Sifat kimia dan farmakologis : Rasa pedas, pahit, dingin dan sangat beracun. Menguatkan jantung (cardiotonic), peluruh kemih (diuretik), peluruh dahak (ekspektoran), peluruh keringat, mematikan serangga (insektidal).

Kandungan kimia :

  1. Daun : oleandrin, oleandrigen, 16-acetylgitoxigenin, olenadrose, meriantin, adyerin, deacetyloleandri, rutin, dambonitol.
  2. Kulit batang : Odoroside A, B, D, F, G, H, K, dan lain-lain, digitoxigenin, uzarigenin.
  3. Bunga : Gitoxigenin, strospeside.

Bagian yang dipakai : Daun, pemakaian segar atau keringkan (dijemur), buat bubuk.

Kegunaan untuk pengobatan tradisional : Gagal jantung (heart failure), ayan (epilepsi), sesak napas (asthma).

Pemakaian : Cara : daun hijau dicuci bersih, dikeringkan dibawah dibawah temperatur 60-70 derajat celcius, digiling menjadi serbuk/tepung.

Cara pemakaian :

  1. Epilepsi : 300 mg serbuk daun kering dimasukkan ke dalam kapsul. Minum sehari 2-3 kali 1 kapsul untuk 2-3 hari. Selanjutnya 1 kapsul sehari dengan dosis pemeliharaan.
  2. Lemah jantung (berdebar, kaki dan tangan dingin dan lain-lain): 3 lembar daun hijau ditumbuk, kemudian diseduh 1 gelas air panas, minum setelah dingin.
  3. Eksema : akar digodok dengan minyak atau parafin cair, gosokkan ketempat yang sakit.

PERHATIAN : tanaman obat ini beracun, hati-hati kelebihan dosis pada pemakaian dalam (minum) dan perlu mendapat pengawasan dokter. Wanita hamil dilarang pakai.

Leave a Reply