Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Jarak | Oleum ricini

0

Hampir semua bagaian tanaman ini dapat dimanfaatkan. Biji jarak yang dibuang kulitnya dan dilumatkan hingga menjadi serbuk dapat ditempel ke tubuh sebagai obat luka, sedangkan minyak yang diambil dari bijinya bisa diminum untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak dan orang dewasa. Daunnya berkhasiat untuk menyembuhkan batuk dan sesak nafas. Akarnya dapat dimanfaatkan untuk menjaga stamina tubuh.

Tananam jarak juga mengandung racun. Jarak merupakan satu-satunya tumbuhan yang bijinya kaya akan asam risinoleat. Kehadiran asam ini membuat minyak jarak memiliki kekentalan yang stabil pada suhu tinggi, sehingga minyak jarak dapat dijadikan campuran minyak pelumas.

Tanaman ini bisa juga digunakan sebagai pelancar dan meningkatkan produksi ASI. Bagian dari tanaman yang digunakan tanaman putihnya (pangkal daun yang tidak merah). Caranya yaitu dengan merebus daun sampai berbentuk bubur, lalu dikompres selagi hangatselama beberapa kali dalam sehari. Obat ini bekerja dengan ditandai dengan munculnya pembengkakan di bawah ketiak dan kelenjar susu.

Minyak jarak merupakan pencahar yang paling ringan dan efektif yang baik digunakan oleh anak-anak, ibu hamil, atau penderia hemoroid. Jangan gunakan minyak ini bersama dengan obat cacing

Leave a Reply