Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Gali-gali – Lasia spinosa (L.) Thw

Gali-gali - Lasia spinosa (L.) Thw (Le ci gu)
0

Gali-gali masuk dalam familia Aracea

Sinonim : L. aculeata Lour, L. heterophylla Schott, L. zollingerii Schott.

Nama daerah : Jawa : Sampi, sambeng. Melayu : gali-gali, nyambing, ngambing.

Uraian tanaman : Terna berduri, merupakan tumbuhan rawa yang tumbuh tegak, tinggi 0,8-1,40 m, dengan akar rimpang yang pangkalnya kadang mereayap. Tangkai daun, ibu tulang daun dipermukaan bawah dan akar rimpangnya berduri tempel. Daun tunggal, 2-6 , tangkai daun 15-150 cm, di bagian pangkalnya berbentuk pelepah, helaian daun bangun tombak atau panah, bentuknya sangat berubah-ubah, berlekuk menjari atau berlekuk menyirip sampai berbagi, pangkal daun bertulang 3-5, ujung runcing, panjang dan lebar 10-70 cm. Karangan bunga berdiri sendiri, di ketiak daun, panjang tangkai 15-70 cm, kuntum bunga berbentuk lidah api, warnanya merah. Buah berbentuk kerucut, dengan ujung berduri tempel dan pipih, panjang 1-1,5 cm. Tanaman ini  bisa didapatkan di sepanjang aliran air, di rawa dan di genangan air, dari 1-600 m diatas permukaan laut. Daun muda dapat di makan sebagi lalab.

Sifat kimiawi dan efek farmakologis : Tawar, sejuk. Peluruh kencing.

Kandungan kimia : Phenol, asam hidrosianat, asam organik, gula, asam amino.

Bagian yang dipakai : Rimpang, daun.

Kegunaan untuk pengobatan herbal :

  1. Rimpang :
    Demam, batuk panas
    Kulit kena racun panas
    Mulas
  2. Daun :
    Sebagai obat luar pada sakit perut, nyeri sendi.

Pemakaian :

  1. Untuk minum : 10-15 gr rimpang kering, digodok.
  2. Pemakaian  luar : rimpang secukupnya digodok airnya untuk cuci atau  digiling menjadi bubuk dan ditaburkan ketempat yang sakit.

Cara pemakaian : Sakit perut, nyeri sendi : Daun secukupnya dicuci bersih lalu digiling hauls dan tambahkan sedikit air sampai seperti bubur. Balurkan ke perut atau bagian tubuh yang sakit.

Leave a Reply