Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Cara Penggunaan Minyak Atsiri

0

Sebelum Anda menggunakan pengobatan metode aromaterapi, ada baiknya anda melakukan uji coba apakah terdapat alergi terhadap minyak atsiri. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan 2 tetes minyak atsiri lau biarkan selama 12 jam. Apabila terdapat iritasi sebaiknya jangan menggunakan metode pengobatan aromaterapi.

Bagi Anda yang masih bingung menggunakan minyak atsiri sebagai bahan pengobatan aromaterapi, beriku ini kami sajikan banyak cara yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan :

1. Sebagai campuran untuk berendam
Cara ini adalah cara termudah yang bisa Anda lakukan. Gunakan 3-5 tetes minyak atsiri lalu tuangkan ke dalam air sebagai campuran untuk berendam. Karena sifat minyak atsiri yang mudah menguap, Anda sebaiknya langsung berendam ketika minyak sudah ditambahkan. Anda harus melakukan pengadukan secara periodik agar minyak atsiri tetap merata di atas permukaan air, mengingat antara minyak dan air tak dapat menyatu. Berendamlah selama minimal 15 menit. Anda juga bisa mencampurkan 3-6 tetes minyak atsiri dengan semangkok air panas.

2. Sitz bak mandi
Metode ini sangat tepat digunakan untuk mengobati sariawan, radang kandung kemih, dan pasca melahirkan. Caranya dengan mencampurkan 2-4 tetes minyak atsiri dengan semangkok besar air, lalu aduk. Anda bisa menggunakannya dengan cara merendam bagian yang sakit atau mengusap daerah tubuh yang luka

3. kompres
Sediakan mangkok ukuran sedang lalu isi dengan air dan 3-6 tetes minyak atsiri, kemudian aduk sampai merata. Pakailah kain bersih dengan menempatkan di atas permukaan air, hal tersebut agar minyak terbawa serta. Usapkan ke bagian tubuh yang luka. Kompres panas dilakukan untuk mengobati penyakit kulit tertentu dan terapi pasca melahirkan. Sedangkan kompres dingin berguna untuk mengobati peradangan, luka bakar atau salam urat. Saat mempersiapkan kompres dingin, tambahkanlah beberapa es.

4. Semprotan
sediakan botol semprotan 500 ml. Isi botol tersebut dengan air hangat sampai penuh. Keluarkan air tesebut lalu masak sampai mendidih lalu tambahkan 2-4 minyak atsiri.

5. Berkumur
Metode ini sangat cocok untuk keluhan sakit tenggorokan. Caranya dengan merebus air sampai hangat, tuangkan ke gelas lalu tambahkan 2 tetes minyak atsiri.

6. Pernafasan
Minyak atsiri dapat langsung dihirup. Caranya dengan memercikan 1-3 tetes minyak atsiri di atas sapu tangan dan hirup. Metode ini sangat cocok untuk penyembuhan sakit kepala atau menghilangkan gelisah. Cara lain dengan menambahkan air panas dengan 2-6 tetes inyak atsiri. Gunakan handuk bersih seperti metode mnegompres, tutuplah kepala anda selama beberapa menit. Anda juga bisa menggunakan minyak atsiri sebagai pengharum ruangan.

7. Campuran obat kumur
Tambahkan 25 tetes minyak atsiri untuk botol berukuran 100 ml. Jika hendak dipakai kocoklah telebih dahulu lalu tambahkan 3 sendok obat kumur ke dalam gelas berisi air hangat.

8. Pijat
Minyak atsiri sangat bermanfaat apabila dicampur dengan minyak dasar. Gunakan campuran 2,5% untuk dewasa, dengan minyak dasar sebanyak 25 ml. Cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan menuangkan 10-14 ml minyak dasar ke dalam cawan, lalu tambahkan 5-7 tetes minyak atsiri, campur menggunakan tangan. Campuran ini siap untuk digunakan untuk pijat

9. Obat pembasmi serangga
Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengusapkan/mengoles minyak atsiri pada beberapa tempat yang diangkap jalan masuknya serangga

10. Obat salep dan krim
Minyak atsiri dapat digunakan sebagai campuran gel/krim. Cukup tambahkan 2 tetes minyak atsiri pada 1 sendok jel, dan aduk rata. Untuk ukuran jel 30 ml, tambahkan 25 tetes minyak atsiri. Anda juga bisa membuat salep sendiri dengan mengikuti cara di bawah ini
– panaskan sedikit air dalam panci dan letakkan mangkok tahan panas ke dalam panci tersebut
– tambahkan parutan 5 gram kelapa, lilin tawon yang diputihkan, dan 20 ml minyak buah badamm manis dalam mangkok
– aduk dalam api kecil hingga semua meleleh lalu campurkan buah badam manis
– ambilah mangkok dan panci tersebut, dan biarkan campuran tersebut menjadi dingin
– setelah dingin campurlah dengan 20 tetes minyak atsiri lalu masukan ke dalam tempat yangs steril

11. Parfum
Parfum yang terbuat dari campuran minyak atsiri tidak hanya harum tapi juga menimbulkan efek menenangkan

12. Pengharum ruangan
Campurkan 5-10 tetes minyak atsiri ke dalam alat penguapan atau Anda juga bisa menggunakan air panas yang dicampur dengan minyak atsiri. Tingkat keharuman tergantung pada besar kecilnya kamar

Leave a Reply