Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Bunga Kenop | Gomphrena globosa L.

0

Bunga kenop yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama bunga kenop, kembang puter, dan ratnapakaja; dalam bahasa Jawa dikenal dengan nama adas-adasan dan gundul; sedangkan dalam bahasa Gorontalo dikenal dengan sebutan talimantulu ini merupakan herba tahunan yang dapat tumbuh hingga 60 cm atau lebih dan berbulu.

Tanaman ini berasal dari Amerika dan Asia, seringkali ditanam di halaman sebagai tanaman hias atau tumbuh liar di ladang-ladang yang cukup mendapat sinar matahari hingga ketinggian kurang lebih 1400 m dpl. Batangnya hijau, kemerahan, berambut, dan membesar pada ruas percabangan. Daun berbentuk bulat telur sungsang sampai memanjang dengan ujung meruncing, panjang 5-10 cm dan lebar 2-5 cm, berwarna hijau dengan rambut berwarna putih, kasar di bagian atas dan halus di bagian bawah, duduk berhadapan, dan bertangkai. Bunganya berbentuk bonggol seperti bola dengan warna merah tua keungu-unguan, ada juga yang berwarna putih.

Bunga kenop memiliki sifat kimiawi berupa rasa manis dan netral, dapat digunakan untuk mengobati batuk, menghilangkan sesak (antiasthmatic), dan mengobati radang mata. Mengandung gomphresin I, II, III, V, VI. Bunga atau seluruh bagiannya bisa digunakan sebagai obat baik dalam kondisi segar maupun kering.

Penyakit yang bisa diobati dengan bunga kenop antara lain:
1. Asthma bronchial
Rebus 10 kuntum bunga kenop, tambahkan arak kuning, minum secara rutin 3 kali dalam sehari.
2. Buang air kecil tidak lancar
Rebus 3-10 gr bunga kenop lalu minum airnya.
3. Panas pada anak (karena gangguan liver)
Rebus 7-14 kuntum bunga kenop segar lalu minum.
4. Dysentery
Rebus 10 kuntum bunga kenop segar, tambahkan arak kuning lalu minum.
5. Bronchitis crhonis
Buatlah ke dalam bentuk obat suntik lalu suntikkan pada titik akupuntur. 10% penderita merasakan timbul rasa kering di tenggorokan setelah disuntik, tetapi hanya sementara.
6. Radang saluran nafas akut dan menahun (acute and chronic bronchitis), batuk rejan (pertusis), radang mata, sakit kepala, dan mimpi buruk (night screaming)
Rebus 9-15 gr bunga kenop lalu minum airnya.
7. Luka luar berupa luka terpukul atau koreng
Lumatkan tanaman bunga kenop segar lalu tempelkan pada tempat yang sakit atau rebus lalu gunakan airnya untuk mencuci bagian yang sakit.

Leave a Reply