Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Baru Cina | Artemisia vulgaris L.

0

Dikenal di daerah sebagai jukut lokat mala, suket gajahan atau daun sudamala.

Terdapat banyak kandungan kimia di dalam tumbuhan ini, di antaranya yang telah diketahui: minyak menguap, alpha amirin, fenenol, dehydromatricaria ester, cineole, terpinen-4, 1-beta caryophylene, 1-quebrachitol. Akar dan batang mengandung inulin yang terdiri dari artemose, cabang kecil mengandung oxytocin, yomogi alkohol, dan ridentin.

Tumbuhan ini bersifat: rasa dingin, menghilangkan sakit, menghentikan pendarahan (hemostatik), melancarkan peredaran darah, mencegah keguguran, mengatur menstruasi. Dalam farmakologi Cina disebutkan bahwa tumbuhan ini memiliki rasa pahit, pedas, dan hangat. Herba ini masuk meridian ginjal, paru, dan limpa. Efek tersebut diperoleh dari penggunaan seluruh tanaman yang dikeringkan dengan jalan diangin-anginkan. Segar: daun dan biji.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya:

  1. Badan lemas sehabis melahirkan. Pohon baru cina 4 pohon, rebus dalam air 6 gelas sampai tersisa 2 gelas. Diminum sehari 2 x 1 gelas.
  2. Lemah syahwat. Biji baru cina 15 – 45 gram digiling halus, makan.
  3. Ayan (epilepsi). Segenggam akar baru cina tambah 1 jari gula enau tambah 4 gelas air, rebus menjadi 2 gelas. Sehari 2 x 1 gelas.
  4. Sakit tenggorokan. Herba segar ditumbuk, peras, airnya diminum.
  5. Disentri. Baru cina ditambah jahe segar, direbus sampai kental, minum 3 x.
  6. Menstruasi berlebihan (banyak), sakit pada saat menstruasi (dysmenorrhea), menstruasi tidak teratur, Mencegah keguguran, pergerakan janin berlebihan, mempermudah persalinan, susah punya anak. Tanaman 10 – 30 gram, rebus, minum.
  7. Muntah darah (haematemesis), mimisan (epistaksis), pendarahan usus (rectal haemorrhagia).

Perhatian: bagi yang tidak cocok, minum rebusan baru cina akan membuat keluhan mulut kering, rasa tidak enak di lambung, mual, muntah, mencret, dan pusing. Gejala ini dapat dihilangkan dengan menggunakan minyak daun baru cina.

Leave a Reply