Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Arbenan | Duchesnea Indica (Andr.) Focke

0

Arbenan termasuk dalam Familia Rosaceae dan dikenal dengan nama asing Snake Straberry atau Indian Strawberry. Arbenan merupakan tanaman menjalar yang berambut halus dan berwarna putih, batangnya lemas dan bercabang banyak serta mempunyai akar serabut berwarna putih kekuningan. Tanaman ini mempunyai panjang 60 cm dengan nodul/ pembesaran tempat keluarnya percabangan dan akar tambahan.

Herba ini bisa ditemukan di tepi jalan, ladang, kebun teh, atau ditanam di pekarangan dimana tempatnya lembab tetapi cukup cahaya matahari pada ketinggian 800 – 1800 m di atas permukaan air laut.

Daunnya majemuk menjari beranak daun tiga, bertangkai panjang dengan anak daun berbentuk bulat telur. Tepi daun bergerigi dengan pangkal rata yang panjangnya 1,5 – 4 cm dan lebarnya 1 – 3 cm.

Arbenan mempunyai bunga tunggal yang berwarna kuning, yang keluar dari ketiak daun dan bertangkai panjang dengan penampang berukuran 12 – 15 mm. Buahnya berbentuk bulat agak lonjong, berbintil-bintil, dan berwarna merah.

Arbenan mempunyai sifat kimiawi dengan rasa manis, pahit, dingin, dan sedikit beracun (toksik). Biji Arbenan mengandung linoleic acid, beta-sitosterol, oleic acid. Herbanya mengandung emodin, asam krisofanat, fitosterol, minyak atsiri, dan kalsium.

Seluruh herba ini dapat digunakan untuk pengobatan baik pemakaian segar maupun yang telah dikeringkan. Arbenan berkhasiat sebagai tanaman obat yang dapat mengobati beberapa penyakit seperti berikut ini :

-Influenza, batuk, demam, kejang panas

-Sakit tenggorok, difteri, sariawan, TBC kelenjar

-Hepatitis (radang hati), mastitis (radang payudara)

-Muntah darah, batuk darah, luka memar

-Darah haid terlalu banyak (Menorrhagia)

-Disentri basiler dan amuba, abses usus

-Kanker esophagus, lambung, larynx, paru-paru, thymus, cervix, kandung kemih, dan payudara

-Gondongan (parotitis), gigitan ular/ serangga

-Radang mata merah (conjunctivitis)

-Radang kulit bernanah, bisul, borok, luka bakar.

Pengobatan dengan Arbenan untuk pemakaian dalam dapat dilakukan dengan cara merebus 15 – 30 gr (segar : 30 – 60 gr) kemudian diperas airnya untuk diminum. Sedangkan untuk pemakaian luar dapat dilakukan dengan cara  menumbuk herba sampai lumat atau menggiling herba kering menjadi bubuk kemudian bubuhkan ke tempat yang sakit.

Cara pengobatan menggunakan Arbenan pada masing-masing penyakit dapat dijelaskan lebih rinci sebagai berikut :

-Muntah darah, batuk darah : menumbuk 30 –  60 gr herba segar kemudian memeras airnya sampai terkumpul 1 gelas. Setelah itu, menambahkan gula batu secukupnya lalu ditim dan siap diminum setelah dingin.

-Disentri : merebus 30 gr herba segar dan meminum air rebusannya.

-Difteri : meremas 250 gr herba segar dengan air dingin lalu dibagi untuk beberapa kali minum (untuk umur 10 tahun atau lebih).

-Mastitis, bisul di punggung, gudik : menumbuk herba segar sampai lumat lalu menambahkan madu secukupnya. Setelah itu, diaduk rata dan ditempelkan ke tempat yang sakit.

Digigit ular, serangga : menumbuk herba segar sampai lumat kemudian membubuhkannya ke tempat yang sakit.

-TBC kelenjar : merebus 30 – 60 gr herba segar kamudian meminum air rebusannya.

-Batuk, sakit tenggorok : merebus campuran 30 gr arbenan dengan 15 gr Eupatorium chinese dan 30 gr Polygonium chinese dan meminum air rebusannya.

-Kanker lambung, nasopharynx, paru-paru, dam cervix : merebus campuran 30 gr arbenan dengan 30 gr Scutellaria barbata dan 30 gr Livistona chinesis kemudian meminum air rebusannya.

-Bengkak/ memar : menambahkan herba kering pada arang gosok kemudian dikompreskan pada bagian yang sakit.

 

Catatan :

-Wanita hamil dan kondisi badan lemah dilarang mengkonsumsi arbenan

-Herba ini menghambat sarcoma pada tikus dan human esophagus cancer cell strain

Leave a Reply