Direktori Tanaman Obat & Pengobatan

Alpukat | Persea americana M.

0

Disebut juga dengan Persea gratissima Gaertn. Dalam bahasa asing dikenal dengan advocaat atau avocado pear.

Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia, yang telah diketahui antara lain: saponin alkaloida (buah). flavonoid (buah), tanin (buah), polifenol (daun), quersetin (daun), dan gula alkohol persiit (daun). Biasanya yang digunakan sebagai bahan obat adalah daging buah, daun, dan biji.

Dalam farmakologi CIna dan pengobatan tradisional lainnya disebutkan bahwa tumbuhan ini memiliki sifat: daun (rasa pahit, kelat, peluruh kencing); biji (anti radang, analgesik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun bersifat anti bakteri yaitu menghambat pertumbuhan beberapa spesies bakteri: Staphylococcus sp., Pseudomonas sp., Escherichea sp., dan Bacillus sp.

Penyakit yang disembuhkan dan cara penggunaannya:

  1. Sariawan. Sebuah isi (daging buah) alpukat yang sudah masak diberi 2 sendok makan madu murni, diaduk merata lalu dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh.
  2. Kencing batu. Daun alpukat 4 lembar, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula enau, dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring, minum 3 x 3/4 gelas.
  3. Darah tinggi, sakit kepala. Tiga lembar daun alpukat dicuci bersih lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Minum setelah dingin.
  4. Kulit muka kering. Buah diambil isinya lalu dilumatkan  sampai seperti bubur. Dipakai untuk masker. dengan cara memoles muka yang kering. Muka dibasuk dengan air setelah lapisan masker tersebut mengering.
  5. Sakit gigi berlubang. Lubang pada gigi dimasuki biji alpukat.
  6. Bengkak karena peradangan. Bubuk dari biji secukupnya ditambah sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur, balurkan ke bagian tubuh yang sakit.
  7. Kencing manis. Biji dipanggang di atas api, dipotong kecil-kecil, kemudian direbus dengan air sampai airnya menjadi coklat, Saring, minum setelah dingin.
  8. Teh daun alpukat. Untuk menghilangkan rasa sakit kepala, bengkak pada saluran napas, rasa nyeri syaraf (neuralgia) dan datang haid tidak teratur.
  9. Nyeri syaraf dan nyeri lambung. Daun 3 – 6 lembar, diseduh atau direbus, minum.
  10. Saluran napas membengkak, menstruasi tidak teratur. Daun 3 – 6 lembar diseduh atau rebus, minum.

Catatan: wanita hamil dilarang pakai daunnya.

Leave a Reply